Sabtu, 15 Februari 2014

Mitos 12 Zodiak

Zodiak (dari kata Yunani Zoodiacos Cyclos yang artinya Lingkaran Hewan) adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika[1], tetapi istilah ini dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13. Dipercaya awal mula konsep ini berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat kemungkinan hanya dengan 6 rasi:CapricornusPiscesTaurusCancerVirgo, dan Scorpio, yang kemudian dipecah menjadi 12 karena penampakan tahunan 12 kali Bulan purnama pada bagian-bagian berurutan dari sabuk tersebut. dari 12 zodiak terdapat mitos dari zodiak masing-masing, berikut adalah kisahnya.


1. aries



Menurut mitos, Athamas (raja Boeotia) dan istrinya, Nephele, memiliki seorang putra bernama Phrixus dan seorang putri bernama Helle.Seiring waktu berlalu, Athamas menikah lagi dengan Ino. Ino ternyata mencintai Phrixus, namun cinta tersebut ditolak.Ino menjadi amat marah dengan penolakan tersebut dan mencoba membunuh Phrixus dan Helle dengan cara membuat mereka kelaparan.Untuk menyelamatkan kedua anaknya, Nephele mengirimkan Chrysomallus, seekor domba jantan ajaib yang bisa terbang dan memiliki bulu emas.Namun, hanya Phrixus yang bisa diselamatkan, sedangkan Helle tenggelam.Agar Helle dapat selamat, sang domba emas meminta Phrixus untuk mengorbankannya pada dewa.Phrixus mematuhi keinginan domba jantan tersebut dan setelah kematiannya, Chrysomallus menempatkan dirinya di antara bintang-bintang.
2. Taurus

Rasi bintang Taurus berasal dari kisah penculikan putri Europe oleh dewa Zeus. Europe adalah putri raja Agenor di Sidon. Benua Eropa dinamai dari namanya.Suatu hari Europe bersama teman-teman wanitanya berkumpul dan memetik bunga bersama. Zeus melihat kumpulan wanita ini dan langsung jatuh cintapada Europe karena Europe adalah perempuan tercantik di antara mereka. Zeus lalu menyamar sebagai banteng putih yang indah dan menghampiri mereka. Banteng samaran Zeus sangat indah dan bahkan beraroma bunga sehingga Europe dan teman-temannya langsung mendekatinya, mereka mengelus-elusnya.Tiba-tiba banteng itu berbaring di hadapan Europe. Europe menunggangi punggung banteng itu dan banteng itu pun langsung membawa pergi Europe. Banteng itu pergi ka pantai dan berenang menyeberangi lautan sambil memabwa Europe di punggungnya. Rombongan itu membawa Europe semakin lama semakin jauh dari tempat asalnya. Europe menyadari bahwa banteng itu pastilah dewa dan dia pun mulai ketakutan. Europe lalu memohon kemurahan hati sang dewa. Zeus lalu berbicara Europe bahwa dia mencintainya. Zeus juga meminta Europe untuk tidak merasa takut.Zeus membawa Europe ke Kreta. Di sana, Europe oleh Zeus dijadikan sebagai ratu Kreta. Europe berhubungan dengan Zeus dan melahirkan Minos, Rhadamanthis, dan Sarpedon.Sementara Zeus mencitrakan ulang banteng samarannya di angkasa sehingga jadilah rasi bintang Taurus.
3. gemini 

Gemini disimbolkan dengan 2 anak kembar, yakni castor dan pollux. meski kembar dan lahir dari satu ibu namun mereka keturunan dari berbeda bapak, castor adalah keturunan dari raja Sparta, Tyndarus. sedangkan pollux dari dewa Zeus, karena keturunan dari Zeus, Pollux memiliki keabadian. meskipun berbeda bapak namun mereka tetap saudara yang saling menyayangi dan saling melindungi satu sama lain. suatu ketika castor gugur dalam perang troya, melihat saudaranya mati. pollux berdoa pada Zeus untuk memberikan keabadiannya pada castor. zeus tersentuh hatinya dan mengangkat mereka ke langit sebagai rasi bintang gemini.
4. Cancer

Dilambangkan oleh kepiting. Saat Ular Hydra dikirim oleh Yuno untuk melawan Hercules. Ular yang dikirim oleh Yuno ini ternyata sangat beracun dan mempunyai banyak kepala. Apabila kepalanya ditebas oleh Hercules, maka akan tumbuh lagi.Hercules berusaha membunuh ular itu dengan mencekik ular itu, namun disaat yang sama dewi Hera mengirim kepiting raksasa untuk mengalahkannya. tak kehabisan akal Hercules membakar ular itu dan juga kepiting itu. meskipun gagal mengalahkan Hercules, namun Dewi Hera menghargai kesetiaan dua hewan itu. sebagai ucapan terima kasih, kedua jasad hewan itu diangkat ke langit sebagai rasi bintang cancer dan Hydra.
5. Leo

Dilambangkan oleh singa. Singa ini merupakan salah satu dari 12 tugas Hercules yang sangat terkenal. Singa Nemea merupakan singa yang paling ganas yang harus ditaklukkannya. konon Dewi Hera memberi hewan ini kekuatan lebih, kulitnya tak bisa dirobek benda setajam apapun, dan tak bisa dibakar dengan api dari manapun, jadi Hercules mencekiknya sampai mati.meskipun gagal mengalahkan Hercules, namun Dewi Hera menghargai kesetiaan hewan itu. sebagai ucapan terima kasih, jasad hewan itu diangkat ke langit sebagai rasi bintang Leo.
6.Virgo

Lambangnya adalah seorang putri yang sangat cantik. Putri ini adalah jelmaan putri Astrea, putri dari dewi Justicia. merupakan dewi terakhir yang meninggalkan bumi karena hilangnya zaman keemasan dari bumi. Astrea merupakan simbol keperawanan, harapan untuk menjaga keperawanannya seperti yang diharapkan ibunya. untuk menjaga keperawanannya, ia pergi kelangit dan menjadi rasi bintang Virgo.
7. Libra

Dilambangkan dengan neraca atau timbangan. Merupakan simbol dari keadilan. Dewi yang menguasai keadilan adalah dewi Justicia. dia digambarkan dengan membawa timbangan dan mengenakan penutup mata yang bisa diartikan "hukum akan selalu adil, dan hukum tidak akan memihak siapa-siapa."
8. Scorpio

Lambangnya adalah kalajengking. dimana ketika Dewi artemis mencintai pemuda bernama Orion. Apollo yang mengetahui bahwa orion adalah laki-laki berbahaya, ia berusaha memperingati artemis namun karena telah dimabuk cinta, semua ucapannya diacuhkan. apollo yang frustasi berdoa meminta pertolongan pada dewi gaia, gaia lalu memanggil kalajengking raksasa untuk membunuh orion. untuk peringatan pada manusia tentang kejahatan, orion dan scorpio dijadikan rasi bintang yang dimana rasi bintang scorpio bersinar terang, rasi bintang orion akan redup.
9. Sagitarius

Lambangnya adalah makhluk berbadan kuda, berkepala manusia yang sedang memanah. Makhluk ini diberi nama Centaurus. Sebenarnya Centaurus adalah para monster, musuh para dewa dan manusia, kecuali Centaurus bernama Chyron adalah sahabat serta guru para dewa dan manusia. Ia mengajarkan cara menggunakan senjata dan memanah dengan baik. namun suatu ketika Hercules tanpa sengaja memanah Chyron dengan busur beracun. karena memilik keabadian Chyron tidak bisa mati, tapi luka itu tidak bisa sembuh. akhirnya untuk meringankan rasa sakit tersebut Chyron dia dijadikan rasi bintang Sagitarius .
10. Capricorn




Menurut mitologi bangsa Yunani, kambing yang dijadikan lambang zodiak inimemang kambing betulan. Namanya Amaltheus. Kambing ini pernah memberikanair susunya kepada dewa Zeus, ketika dewa tertinggi bangsa Yunani kuno ini masih bayi, dan berada dalam gua disembunyikan ibunya sebab takut dimangsa bapaknya yang ganas bernama Chronoos. Karena jasanya ini, kambing ini lalu diangkat ke langit, dibekali cahaya
11. Aquarius

digambarkan sebagai Ganymede, seorang pangeran yang diangkat ke olimpus sebagai pelayan dewa, kesetiaannya pada zeus menghadiahkannya menjadi rasi bintang aquarius.
12. Pisces

Dilambangkan dengan dua ekor ikan. Kedua ekor ikan ini adalah perubahan wujud dari dewi Venus (dewi kecantikan) dan dewa Cupid (dewa cinta) yang berusaha melarikan diri dari kejaran monster Typhon ke sungai Eufrat, setelah bersembunyi untuk sekian lama dan mendengar kabar bahwa monster Typhon telah terkalahkan, Venus dan anaknya merayakannya dengan membentuk rasi bintang pisces

0 komentar:

Posting Komentar