Sabtu, 08 Februari 2014

Samael dan Lilith

Samael dan Lilith adalah iblis dari kepercayaan Talmud dari agama Yahudi. berbeda atau hampir sama dari kepercayaan agama lain Samael dan Lilith adalah iblis yang perwujudan awal mereka adalah malaikat dan manusia.


Samael


Menurut mitologi yang tersebar, Samael adalah malaikat yang dipercaya sebagai penguasa Surga tingkat ke-5 dan tinggal di Surga tingkat ke-7.

diamerupakan malaikat paling dibanggakan oleh ciptaan Tuhan lainnya, tapi itu malah membuatnya angkuh dan tak mau bersujud kepada Adam dan akhirnya dia dibuan dari surga karena memiliki dendam atas kejadian itu, dia memilih untuk menjadi iblis. dalam versi lain ia perwujudan lain dari malaikat maut. ia dipercaya merupakan nama lain dari Lucifer, namun ada kepercayaan lain bahwa ia merupakan wujud yang berbeda dari Lucifer.

Lilith


lilith diyakini adalah manusia perempuan sebelum hawa. diciptakan dengan bahan yang sama seperti halnya Adam yang diciptakan dari tanah, hal ini yang membuatnya berseteru dengan Adam, ia tidak ingin derajatnya berada di bawah, ia meyakini sebagai perempuan (dalam versi lain lilith diciptakan 5 hari sebelum Adam diciptakan) derajatnya haruslah diatas, hal inilah yang membuat diusir dari surga(taman Eden) sesampainya di dalam bumi ia bertemu dengan Samael dan melahirkan keturunan-keturunan iblis, dan itu membuatnya menjadi iblis wanita pertama. agar tidak terjadi kejadian yang sama Tuhan menciptakan perempuan (Hawa) tidak dari tanah tapi dari rusuk Adam.

0 komentar:

Posting Komentar